Halaman

Sabtu, 22 Desember 2012

Wanita Hendaknya Suka Juice Nanas



Mengapa kaum hawa lebih rentan terhadap penyakit pengeroposan tulang (osteoporosis) dari pada pria? berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Amerika ternyata para wanita yang rapuh tulang, umumnya kadar mangan dalam darahnya 1/3 lebih rendah daripada wanita sehat. Setelah kecukupan zat gizi tersebut terpenuhi, tubuhnya berlomba untuk menyerap asupan kalsium, dua kali lipat dari biasanya. Dan ternyata didalam  buah nanas terkandung  mangan yang  besar peranannya dalam menyerap kalsium.
Dimasyarakat kita ada sebuah pameo yang menyatakan bahwa jika wanita mengkonsumsi buah nanas, akan mengurangi kehangatan (hubungan intim) antara suami isteri, oleh karena itulah banyak diantara wanita menghindari buah yang satu ini, dan oleh sebab itu juga mengapa  wanita jauh lebih rentan terhadap osteoporosis yang nota bene didalam nanas terkandung mangan yakni zat yang mudah menyerap kalsium yang merupakan syarat terhindarnya tulang dari osteoporosis. Jadi berdasarkan hal itu, maka alangkah baiknya kaum hawa mendengar anjuran guru besar dari University of Texas  Dr Jeane Freeland yang menganjurkan agar wanita mau mengkonsumsi juice nanas.
Daging, ikan, unggas juga susu serta telur adalah penyumbang terbesar akan kesediaan kalsium namun demikian kelebihan mengkonsumsi daging akan berakibat buruk dan bukan jaminan mereka terhindar dari osteoporosis, seperti yang dilakukan oleh wanita Amerika ternyata banyak diantara mereka yang mengkonsumsi daging malah lebih rentan terhadap osteoporosis dari  pada  wanita Asia yang mengkonsumsi sayur-sayuran (vegetarian) padahal banyak yang mengkhawatirkan wanita yang tidak mengkonsumsi daging akan lebih rentan terhadap osteoporosis namun kenyataannya malah terbalik.
Karena itu patut juga di syukuri, ternyata bahwa pendapat  selama ini yang menyatakan bahwa mengkonsumsi daging dapat menghindari dari resiko osteoporosis, ternyata itu pendapat  yang keliru. Dan ini sebuah ironi ternyata banyak mengkonsumsi daging yang didalamnya banyak ter kandung kalsium dan kaya fosfor serta protein dua zat gizi penting yang jika dikonsumsi berlebi han  justru merugikan, karena merangsang pencucian mineral tulang serta mengakibatkan pe ngapuran  jaringan lunak.
So, untuk wanita yang selama ini mungkin merasa takut akan nanas, rasanya pendapat itu harus di buang jauh-jauh karena di dalam buah nanas yang ditakutkan sebagian besar wanita kita itu, ternyata terkandung banyak mangan, dan mangan sangat dibutuhkan untuk menyerap kalsium dan penyerapan kalsium oleh tubuh tentunya akan mengurangi resiko osteoporosis. Dan kon sumsilah juga sayur-sayuran serta buah-buahan,  terutama buah yang didalamnya banyak me ngandung   mangan  yang dapat menyerap kalsium untuk mencegah osteoporosis. (A.Hary)             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar