Halaman

Sabtu, 22 Desember 2012

Vitamin Dapat Kendalikan Peradangan



Kekurangan vitamin dalam tubuh dapat menyebakan timbulnya beberapa penyakit karenanya asupan vitamin penting  agar sehat dan tak mudah terserang berbagai penyakit seperti  perada ngan.  Peradangan  sebenarnya adalah hal yang biasa dalam system imunitas/kekebalan tubuh bila itu terjadi berarti adanya conter terhadap penyakit berupa virus atau bakteri yang berusaha masuk ke dalam tubuh kita, akan tetapi bila terjadi peradangan tanpa adanya virus yang masuk ini gejala tidak baik, artinya peradangan itu disebabkan oleh keadaan tubuh kita sendiri. Bila peradang an berlangsung dalam waktu lama hingga menahun itu disebut inflamasi kronis.
Dari beberapa sumber yang dapat dipercaya, dibawah ini ada vitamin-vitamin yang dapat me ngendalikan peradangan. Vitamin- vitamin itu adalah: 1.Vitamin A, terdapat pada susu, hati, sayuran berwarna. Yang  juga bisa dirubah menjadi vitamin A seperti wortel. Vitamin A memiliki sifat antioksidan  yang melindungi tubuh dari radikal bebas perusak DNA dan penyebab penya kit  kronis. Suplementasi vitamin A dapat mengurangi peradangan pada usus, pencernaan, paru paru dan jerawat. 2. Vitamin B6 terdapat pada sayuran, daging sapi, ikan. Kekurangan vitamin B dapat terkena resiko penyakit jantung. Kekurangan vitamin B6 juga ada hubungannya dengan penyakit arthritis rheumatoid yang menyebakan kerusakan sendi.
3. Vitamin C terdapat pada buah-buahan seperti jeruk, jambu biji, nanas, pisang, papaya,kiwi  dan lain- lain. Buah-buahan yang bervitamin C ini dapat membantu peroduksi kolagen yang membuat kulit awet muda dan kencang. Vitamin C juga punya efek antioksidan juga mempu nyai  kekuatan anti radang, suplementasi vitamin C dapat menurunkan CRP  penanda peradang an  yang ada hubungannya dengan penyakit jantung, penanda dengan rendahnya resiko ter kena  penyakit jantung. 4. Vitamin D terdapat pada ikan, hati, daging sapi, kuning telur, dan sinar mata hari. Pungsi dari vitamin D untuk memperkuat tulang, mengkonsumsi suplemen vitamin D bisa membantu peradangan pada penderita artristis rheumatoid, lupus,dan diabetes tipe -1. Suplementasi dalam kadar tinggi dapat mengurangi peradangan karena usia.
5. Vitamin E terdapat pada kacang-kacangan dan sayur berwarna hijau. Vitamin E adalah zat anti oksidan dengan khasiat anti radang. Vitamin E jenis alfatokoferol bisa membantu  men cegah  penyakit jantung dengan memperlambat pengeluaran  zat radang yang merusak jantung. Alfatokoferol juga efektif meringankan peradangan paru-paru karena alergi. 6. Vitamin K terda pat  pada brokoli, bayam  dan asparagus sayuran ini baik untuk mengatasi kebekuan darah.  Dari hasil penelitian juga, vitamin K dapat mengurangi kadar penanda peradangan di seluruh tubuh. Itulah beberapa vitamin yang terdapat pada daging, susu, telur, hati, buah-buahan dan sayuran. Dengan mengkonsumsi vitamin yang terdapat pada sumber makanan  ditambah dengan suplemen dapat mengendalikan peradangan. (A Hary)/ brp sbr.                 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar