Halaman

Sabtu, 22 Desember 2012

Makanan Pembangkit Mood



Mood adalah suatu keadaan jiwa dan fisik yang saling sinergi sehingga menimbul kan energi positif bagi tubuh untuk melakukan suatu aktifitas dengan menyenang kan  (enjoy). Adakalanya seseorang yang kehilangan mood, sehingga dia tidak tau apa yang mesti dilakukan. Kalaupun ia lakukan tidak dengan suasana hati yang me nyenangkan dan otomatis ini berdampak kurang produktifitasnya.  Untuk itu perlu asupan energi dalam bentuk makanan yang membangkitkan mood.
Dibawah ini adalah makanan yang dapat menimbulkan mood. Dikutip dari bebera pa sumber, makanan yang mengandung mood tersebut adalah: terdiri dari buah-buahan (jeruk, blueberi, ceri) sayuran, (bayam), ikan, sup, selai dan zat besi.Sebagi mana kita ketahui jeruk adalah sumber vitamin c, dan banyak mengandung energi dan gizi,  Selain mengandung vitamin dan gizi, jeruk membantu memompa oksi gen  ke otak dan seluruh tubuh. Dengan dimakan langsung atau di campur dengan salad buah  atau minuman lainnya. Ini akan menimbulkan mood.
Blueberi adalah buah yang banyak mengandung antioksidan, dan membuat meta bolisme dalam tubuh menjadi lancar, sehingga menghasilkan energy positif. Seper ti halnya bluberi, buah ceri juga banyak mengandung antioksidan juga mengan dung  zat bernama melatonin. Melatonin diketahui sangat baik terhadap syaraf-syaraf mata sehingga meningkatkan mutu tidur. Dengan tidur yang bermutu maka berdampak pada segarnya pasca istirahat dan ini akan menimbul kan  mood di pagi harinya.  Demikian juga degan bayam yang banyak mengandung antioksidan yang melindungi membran sel otak dari radikal bebas, bayam juga mengandung asam foat, vitamin B,yang berhubungan kuat dengan zat pencegah depresi.
Selai  biasa digunakan untuk mengisi/mengoles diantara dua irisan roti, adalah camilan nan sehat juga menaikan kadar serotonin dalam otak, dan merupakan antidepresi alami yang dihasilkan tubuh. Selain selai camilan lain yang mengan dung serotonin adalah popcorn. Serotonin dapat merilekskan otak. Makanan lain yang dapat meningkatkan mood adalah burger dan sosois dari daging sapi tanpa lemak. Karena didalamnya mengandung zat besi. Zat besi adalah mineral yang membawa oksigen melalui darah untuk membuat anda selalu berenergi.
Sup  merupa kan  comport food paling utama. Semangkuk sup yang terdiri dari ayam, air, serat-protein. Atau sup yang didalamnya mengandung warna hijau tua  seperti katuk karena didalamnya kaya vitamin yang meningkatkan mood dan  imunitas.  
Ikan memeng mengandung lemak, tapi lemak yang terkandung dalam ikan adalah lemak baik yang mengandung omega -3. Dengan kandungan yang terdapat pada ikan terutama ikan salmon, makarel, hering, sarden dalam kaleng baik ikan tuna maupun ikan makarel. Omega -3 adalah zat yang membantu mensuplai oksigen ke otak sehingga dengan mengkonsumsi ikan -ikan tersebut membuat otak  terang sang dengan cepat dan aktif. Disamping ikan juga cari sumber makanan yang me ngandung DHA. Karena lemak yang terkandung dalam ikan adalah lemak baik,dan mengenyangkan, sehingga mampu menahan lapar dalam waktu yang lama. Itulah beberapa sumber makanan yang dapat meningkatkan mood anda. ( A Hary)/brp sbr.
         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar