Halaman

Sabtu, 22 Desember 2012

Mau Pilih Pewarna Kulit Yang Mana?



Terkait masalah kesehatan para wanita diseluruh dunia umumnya sangat takut dengan penyakit yang satu ini yaitu penyakit tua, apalagi tua dini. Untuk itu mereka pasti ingin mempertahankan kecantikan atau menjaga agar selalu awet muda, dan tolok ukur manusia disebut awet muda adalah apa yang tampak pada wajah. Wajah memang jadi ukuran seseorang apakah ia masih terlihat muda atau sebaliknya. Untuk menjaga agar nampak terlihat muda maka segala cara dila kukan oleh seseorang termasuk oleh kaum hawa pada umumnya.Salah satu cara yang sekarang sedang ngetren adalah perawatan wajah, diantaranya bagaimana   agar wajah tanpak lebih putih. Banyak produk-produk dipasaran yang ditawarkan pada konsumen tinggal mau pilih yang mana yang sesuai dengan karakter kulit kita. Demikian juga dengan zat yang terkandung di dalamnya. Untuk itu kehati-hatian dan ketelitian dalam memilih produk benar-benar harus ekstra waspada sebab bila salah memilih akan patal pada wajah anda.
Berikut ini ada beberapa pilihan dan efektifitas dan pengaruhnya pada kulit wajah anda. Untuk itu sebelunnya kita harus tau dulu apa sebab yang membuat kulit terlihat putih, hitam, atau sawo matang. Penyebabnya adalah banyak tidaknya pigmen melanin yang menentukan warna kulit tersebut. Melalui proses oksidasi dari suatu bahan yang disebut tirosin . untuk mengubah terosin menjadi melanian  diperlukan suatu enzim yang bernama tirosinase yang mempunyai gugus  Cu (Ciprum,tembaga).   Nah jika anda memakai merkuri sebagai bahan pemutih, merkuri ini akan menggantikan tempat tembaga, sehingga tirosenase tidak berfungsi. Akibatnya pigmen melanin juga tidak berbentuk sehingga kulit nampak lebih putih. Krim pemutih yang mengan dung merkuri ini jika digunakan dapat membuat  wajah tampak lebih putih, hanya saja penggunaannya harus dibawah pengawasan dokter. Merek dagang yang terkenal dari pemutih ini  adalah frackle cream dari Amerika yang sudah di kenal sejak tahun 1960. Dan produk dari Taewan seperti pearl cream. Sementara kementrian  kesehatan melalui dirjen POM (Pengawasan Obat dan Makanan) melarang penggunaan merkuri karena dapat membahayakan kesehatan para pemakainya.  
Pemutih yang mengandung hidrokuionon  digunakan sebagai pemutih kulit dan sebagai antioksi dan untuk mencegah kekasatan kulit. Hidrokuinon dapat mencegah produksi melanin  dari tirosin . pembentuk melanin itu dipotong oleh hidrokuinon sehingga melanin yang  terjadi berkurang. Efek samping hidrokuinon adalah Oochronosis yaitu endapan bahan serupa asam homogen tisik yang menyebabkan warna kulit abu-abu. Pemutih inipun  tidak sepenuhnya aman, karena ada bentuk hidrokuinon  yang dapat menghambat pembentukan pigmen melanin pada lapisan kulit ari, sehingga warna kulit hilang (vitiligo). Dibawah konsentrasi 2%, masih boleh dijual bebas tanpa resep dokter, tapi konsentrasi diatas 2% harus dengan resep dokter. Krim pemutih yang mengandung hidrokuinon dipastikan dengan merek dagang Bioquin,  VitaquinEeldoquin, dan sebagainya. (Hry) dri bbrp sbr.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar