Halaman

Sabtu, 22 Desember 2012

Berkenalan Dengan Si Manis




Halo manis ada apa dengan  kamu? Anak-anak yang sudah mengerti, apalagi orang dewasa suka dengan rasa yang satu ini, yakni manis. Ya rasa ini adalah rasa yang paling pavorit dan disukai se bagian besa manusia dan mahluk lainnya. Bahkan kata ini di sandangkan pada sebagian wanita yang mempunyai  daya tarik dan pesona. Manis adalah sumber kalori.  Manis banyak yang suka  tapi si manis ini juga banyak membawa petaka. Untuk itu mari kita berkenalan dengan si manis ini. Gula dibutuhkan oleh tubuh sebatas keperluan, karena bila ia berlebihan akan mengakibatkan kadar gula dalam darah berlebihan  yang mengakibatkan diabet (penyakit gula).
Disamping gula yang bersumber dari alam, (tebu, kelapa,jagung, kedelai sari buah-buahan) ada juga gula hasil olahan atau sintetis. Untuk gula buatan biasa kita sebut dengan pemanis buatan. Pemanis buatan berkalori meliputi fruktosa, sorbitol, dan xillitol, sedangkan pemanis buatan yang tidak berkalori meliputi: Spartam, sakarin dan siklamat. Gula fruktosa bias disebut levulo sa, atau gula buah, karena terdapat pada buah-buahan yang terasa manis dan juga dalam madu  rasa manisnya 1,5-2 kali gula pasir, fruktosa lebih baik digunakan dal keadaan dingin, supaya rasa manisnya tidak berkurang. Nilai kalorinya adalah 3,7 kilokalori/gram. 
Sorbitol terbuat dari zat glukosa yang terdapat pada jagung muda, sehingga dikenal juga dengan nama dagang sirup jagung. Dibanding dengan gula pasir, sorbitol rasanya kurang manis, (40-60% gula pasir) nilai kalorinya 3,9 kilikalori/gram. Xilitol banyak terdapat pada bauh-buahan khususnya  murbai, dan sayuran seperti jamur merang,(mushroom), rasa manisnya sama persis dengan fruktosa. Xilitol sangat tahan panas sehingga digunakan secara luas di industri makanan seperti di industri makanan kering sebangsa cookies, dan juga dalam permen karet. Biasanya dijual dalam bentuk sirup. Nilai kalorinya 4 kilokalori/gram.
Simanis ,atau pemanis buatan yang tak berkalori, rasa manisnya jauh melebihi gula pasir, bahkan sampai ratusan kali gula pasir dan yang tertinggi adalah gula sakarin. Pemanis buatan yang tak berkalori ini banyak digunakan oleh pabrik dan  jajanan, rumah tangga,  terutama jajanan anak-anak. Dan yang paling sering dipakai adalah sakarin dengan merek dagang yang biasa dikenal adalah sakarin, saccharinose, saccharol, saxin, sykose, garantose, clucide,dan kermeseta. Rasa manisnya 200-700 kali gula pasir. Tapi biasanya 400 kali dari larutan gula pasir 10% (100 gram gula pasir dilarutkan dalam 1 liter air) tidak dianjurkan bagi wanita hamil atau pemakaian yang terus menerus dalam waktu yang lama.
Pemnis buatan  tak berkalori yang terakhir kali ditemukan adalah aspartam. Aspartam sangat tidak tahan terhadap panas ,sehingga pemanis ini jarang digunakan dalam industri. biasanya digunakan oleh pabrik minuman yang tidak panas, rasa manisnya 200 kali gula pasir, nilai kalorinya 4 kilokalori/gram.  Merek dagangnya adalah equal, diasweet, tropikana slim, aspartame, sebaiknya tidak diberikan pada ibu hamil dan anak balita. (A. Hary)/brp sbr     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar