Halaman

Sabtu, 22 Desember 2012

Bunga Papaya si Pahit Yang Banyak Kalsiumnya




Papaya (carica papaya)/latin. Buah yang sudah tidak asing lagi di Indonesia dan memang cocok sekali tumbuh di wilayah katulistiwa berasal dari Meksiko dan Amerika Selatan bagian utara. Buah ini banyak sekali manfaatnya  tidak hanya buahnya yang kaya vitamin, daun dan bunganyapun sangat bermanfaat untuk manusia. Kali ini akan mengupas bunga papaya untuk santapan yang sehat.
Dari berbagai sumber informasi yang di dapat, Bunga papaya dan bunga papaya gantung jantan memberi manfaat yang luar biasa terhadap manusia . Bunganya yang putih dan menggelantung pada batangnya, memiliki mahkota berwarna kuning pucat.  rasanya yang pahit karena mengandung zat alkaloid carpein (C14 H25N04) zat pahit yang terdapat pada bunga papaya pertama kali ditemukan oleh Dr.Gresfoff dari Batavia (betawi tempo dulu). Bunga papaya kaya akan beberapa vitamin diantaranya vitamin A, vitamin C, kalsium, fosfor, dan zat besi. Kadar vitamin C nya 23mg/100 bahan. Vitamin C fungsinya adalah  sebagai antioksidan dan membentuk kologen. Sedangkan Vitamin A untuk mata.
Kologen dibuthkan untuk pembentukan tulang, gigi dan darah  serta jaringan pada bekas luka, vitamin C juga meningkatkan kekebalan tubuh/ imun dari serangan berbagai  penyakit ,inveksi juga membantu penyerapan zat besi. Disamping vitamin bunga papaya banyak mengandung mineral yakni kalsium  mancapai 290/ 100 g. fungsi lain dari minral kalsium ini adalah membantu regulasi aktifitas otot-otot kerangka , jantung, tranmisi simpul-simpul saraf dan lain-lain. Selain kalsium kandungan fosfor pada bunga papaya sangat tinggi yakni  113mg/100g. Selain kalsium, fosfor adalah mineral lain yang dibutuhkan tubuh untuk pembentukan tulang dan gigi. Fosfor terdapat pada hampir semua elemen penting seperti DNA (Deoxyribo Nucleic Acid)  RNA (Ribo Nucleic Acid). oksidasi  karbohidrat dalam membentuk ATP juga perlu fosfor.
Sebagai teman /lauk pengiring makan nasi dan sejenisnya bunga papaya adalah sumber vitamin, dan mineral  yang mudah di dapat, sehat dan murah, akan tetapi manfaatnya untuk manusia sangat luar biasa, rasa pahit terkandang yang membu at  orang segan untuk menyantapnya akan tetapi pahit yang ditimbulkan mengundang selera makan apalagi di kombein dengan ikan teri yang sama-sama mengandung banyak kebaikan untuk tubuh kita. Zat-zat yang terkandung dalam bunga papaya  seperti yang tersebut diatas juga mengandung mogizi, berupa se nyawa fitokimia, flavonoid, tannin, steroid dan triterpenoid. Senyawa tersebut memiliki aktifitas antioksidan cukup kuat hingga diandalkan untuk menangkal radi kal bebas penyebab penyakit. (A Hary)/bbp sbr.         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar