Halaman

Minggu, 27 Januari 2013

Si Hitam Manggis, Manis Khasiat dan Rasanya

Tebak buah manggis adalah salah satu permainan anak-anank desa ketika kami masih kanak-kanak dulu. musim manggis adalah musim yang ditungu-tungu untuk bermain tebak berapa ruas yang ada didalamnya dari buah manggis, kemudian setelah itu buah yang di dalamnya kita nikmati lalu kulitnya kita bung begitu saja. itu dulu tapi kini tahukah anda bahwa disamping buah nanggis yang nama latinnya Garcinia Mangostana meng andung Vitamin yang rasanya manis, ternyata di kulitnyapun memiliki kandungan khasiat yang tak kalah faedahnya dengan daging buah manggis itu sendiri. tingnya kandungan antioksidan pada kulit buah manggis membuat buah ini jadi salah satu buah yang memiliki khasiat mulai dari batang, kulit, daun, kulit buah dan daging buahnya itu sendiri tentunya. Buah yang memiliki gelar sebagai  Queen of Trofical Fruit ini adalah buah asli Indonesia tepatnya daerah Jambi Sumatra, walaupun ada klaim dari pihak Malaysia, akan tetapi para ahli meyakini bahw buah manggis adalah asli buah Indonesia.

Buah manggis memiliki kandungan antioksidan hingga 17000 lebih banyak dari buah apel. nah lho jadi bagi mereka yang sok ke barat-baratan dan membanggakan buah asal Eropa, ternyata kandungan didalamnya tak sebanding jika dibandingkan dengan kandungan buah dan kulit buah manggis. Kita memang bangsa yang aneh di dunia ini ketika semua bangsa bangga dengan apa yang ada dan mereka miliki , tapi kita justru meng anggap rendah apa yang terdapat di negri kita sendiri, itulah sisa-sisa piodalisme yang ditanamkan penjajahan dulu. bodoh sekali kita ini. Contoh kongkrit adalah buah manggis, miris rasanya melihat kenyataan orang- orang  yang begitu bangga mengkonsumsi buah-buahan yang berasal dari Eropa dan Oriental, sementara buah lokal termarjinalkan, tapi itulah sifat umum orang Indonesia. Karena itu mari kita syukuri apa yang dikaruniakan ALLAH SWT tentang semua yang dianugerahkan pada bangsa kita. Kita buka cakrawala dan pengetahuan kita bahwa salah satunya adalah buah manggis yang akhir-akhir ini menjadi fenomenal.

Didalam kulit buah manggis terdapat banyak mengandung Xanthone yang tinggi yang merupakan senyawa Polyhenolic sehingga memiliki kandungan antioksidan tertinggi di dunia dari semua jenis buah-buahan luar biasa kan? SubhanALLAH betapa baiknya tuhan semesta alam ini untuk bangsa Indonesia, umumnya untuk seluruh manusia. didalam kulit buah manggis yang selama ini kita sia-siakan begitu saja seakan akan tak ada gunanya, ternyata memiliki khasiat yang telah diteliti dan dikembangkan oleh para ahli di dunia baik ditimur maupun di barat (Eropa) ternyata memiliki khasiat tidak kurang dari 70 jenis penyakit yang dapat diobati dengan kulit buah si hitam tapi manis ini. Didalamnya mengandung anti body yang melindungi dan menagkal radikal bebas penyebab terjangkitnya penyakit. Didalam diri seseorang yang memiliki kekebalan tubuh yang tangguh, maka dapat dipastikan orang tersebut akan terhindar dari  penyakit yang menyerang nya. nah buah manggis dan kulitnya memiliki sifat yang yang demikian itu.Maka tidak heran kalau di Eropa jus kulit manggis dijual dengan harga yang mahal, karena ini sepadan dengan kandungan khasiat di dalamnya.

Diantara penyakit yang dapat diatasi dan di cegah adalah: penyakit yang tergolong berat seperti serangan jantung, stroke, dabetes, hipertensi, tumor/kanker, kolesterol, disamping itu juga dapat mengobati penyakit anti peradangan, anti depresi, mencegah penyakit Alzheimer, memperkuat sistem kekebalan tubuh, antioksi dan, mengurangi kadar gula dalam darah, mencegah diare, mencegah penyakit urat syaraf, mencegah kata rak, mencegah kerapuhan tulang, mengobati tekanan darah tinggi, mencegah penuaan dini, mengencangkan kulit, menurunkan berat badan, mengurangi tingkast kegelisahan, insomnia, cemas, dan kepanikan, mengham bat pertumbuhan bakteri dan jamur seperti jamur: Drachel Orizoe, Fosarium Oxyporum F, Alternia Tenuis, dan Vasinfektum, mengobati dan mencegah batu ginjal, menjaga saluran kencing, asma, gangguan pernafas an, kanker payudara dan lain-lain. Dengan diketahuinya manfaat yang terkandung dalam kulit buah manggis dapat dipastikan kedepannya orang tidak akan sembarangan lagi membuang kulit manggis, bahkan mungkin penjual manggis akan memisahkan antara daging dan kulit buhnya.seghingga memiliki nilai jual yang tinggi. (A.Hary)   

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar