Halaman

Senin, 07 Januari 2013

Obesitas dan Bertumpuknya Penyakit di Dalamnya

Sekali lagi tentang obesitas waktu saya sekolah SMA dulu tahun delapan puluhan saya punya kawan perem puan  yang bobotnya luar biasa. karena bobotnya serta bentuk badannya yang beda dengan kami waktu itu, maka  setiap kita kumpul-kumpul selalu saja ada bahan olok-olok untuknya, ya ketika itu memang tidak pernah terpikir oleh kita akibat dari olok-olokan tersebut. yang jelas waktu itu kita menganggap kawan kita yang satu ini memang jadi pusat perhatian karena bentuk tubuhnya yang besar, seperti pesumo (olah raga wan tradisional Jepang).disatu sisi kawan kita pun sepertinya tidak memperdulikan olok-olokan kita bah kan kesannya dia juga enjoy dengan olok-olokan kita itu. waktu itu istilah obesitas tidaklah se heboh saat ini kita waktu itu mengganggapnya hal yang biasa. dalam arti bukan sesuatu yang membahayakan kesehatan dan mengancam keselamatan jiwanya. akan tetapi melihat perkembangan jaman seiring dengan pola hidup yang tak sehat, maka kegemukan atau obesitas menjadi hal yang menakutkan apabila hal itu menimpa kita.


Berdasarkan pengalaman dan penelitian, maka pemilik tubuh yang kelewat tambun alias obesitas di dalam tubuh orang tersebut bersemayam dan berkumpulnya berbagai penyakit.yang mematikan. wah seram ya, ini bukan maksud untuk menakut-nakuti. usia manusia ditangan ALLAH (Tuhan) yang menciptakannya, akan tetapi resiko orang yang berkelebihan bobot badan menanggung resiko lebih besar daripada manusia (orang) yang tumbuh normal/ideal. mengapa demikian ? banyak faktor yang menyebabkannya, pertama masalah gera kan tubuh, jelas tidaklah seelastis dan selincah manusia normal, dan karena hal ini dialami dalam jangka waktu yang panjang(lama) maka tentunya akan berpengaruh terhadap detak jantung. disamping itu resiko terkena penyakit diabetes/penyakit gula, hipertensi, dan masalah seksual. berbagai penyakit yang terdapat pada tubuh dibalik obesitas, dibahas dalam satu artikel yang menarik di tabloid Gaya Hidup Sehat yang kutipannya sebagai berikut.

1. Obesitas dan Diabetes Tipe-2. diabetes tipe -2 adalah jenis diabetes yang paling umum dijumpai. Lebih dari 80 persen orang yang hidup dengan diabetes tipe-2 mengalami obesitas atau kelebihan berat badan berdasarkan data dari Center For Disease Control and Prevention(CDC) serta Nasional Health and Nutri on Examination Surveyi III di Amerika Serikat, menunjukkan hahwa dua per tiga pria dan perempuan dewasa yang di diagnosis diabets tipe-2 memiliki indeks massa tubuh 27 atau lebih IMT, lebih dari 27 tergolong kelebihan dan tidak sehat. 2. Obesitas dan Penyakit Jantung. karena bobotnya yang luar biasa maka resiko terkena serangan jantung, gagal jantungkongesif, kematian mendadak, karena jantung, angina atau kelainan denyut  lebih besar dibandingkan dengan yang punya berat badan yang normal.3. Obesitas dan Hipertensi , karena bobot yang besar otomatis memacu terjadinya tekanan darah tinggi (hipertensi). 4. Obe sitas dan Sindrom Metabolik metabokil sindrum adalah masalah kesehatan yang ada hubungannya dengan kegemukkan.kondisi tersebut dapat mimicu juga terjadinya serangan stroke, dan diabetes.(AHary) bgi sbr.


Produk yang direkomendasikan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar