Halaman

Minggu, 27 Januari 2013

Bunga Hibiscus Si Pengusir Anemia

Beberapa tahun yang lalu tepatnya tahun 2006 istri saya pingsan ketika belanja di pasar. Penyebabnya adalah rasa pusing yang hebat sehingga tanpa sadar ia telah menjadi tontonan dan sekaligus menghebohkan. orang-orang di pasar. Ketika siuman istri saya bercerita bahwa dia memang menderita anemia yang merupa kan salah satu penyaskit yang paling sering di derita kaum hawa. Anemia adalah suatu keadaan dimana ber kurangnya hemoglobin dalam tubuh. Hemoglobin adalah butir darah merah atau sel darah merah. ada bebera pa hal yang menyebabkan berkurangnya sel darah merah terutama pada wanita. bisa akibat berkurangnya da rah ketika melahirkan, karena itu wanita pasca melahirkan perlu asupan yang sifatnya merangsang terbentuk nya sel darah merah. ya akibat dari berkurangnya butiran darah merah adalah lesu, pusing, lemas, tak bergair ah, ngantuk dan akibat lebih buruk adalah pingsan ketika melakukan aktifitas yang melelahkan.karena itu per lu makanan yang banyak mengandung zat besi baik dari buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kaca ngan dan bunga-bungaan.

Hibiscus adalah jenis bunga yang namanya masih asing di telinga kita. bunga ini di Hawaii biasa dijadikan hias an di rambut yang hitam panjang oleh penari hula-hula, tarian khas Hawaii. sedangkan di Malaysia bunga ini biasa dijadikan selai, teh celup dan sirup. Bunga Hibiscus adalah salah satu bunga yang didalamnya banyak mengandung zat besi, vitamin A, vitaminC, kalsium, serat, gula, potasium, sodium, dan karbohidrat. Kalsium dalam bunga ini untuk memperkuat tulang serta pembentukan gigi. disamping itu vitamin A nya bagus untuk kesehatan mata dan kulit.  sementara seratnya baik untuk memperbaiki sistem pencernaan. Bunga ini juga baik untuk memperbaiki dan menjaga metabolisme. baik untuk orang dewasa, remaja, balita bahkan manula. dari sekian banyak jenisnya, baru ada dua jenis yang diketahui manfaatnya. yakni digunakan untuk dijadikan minuman, dan tonikum, yaitu jenis Syiriacus (Rose of Sharon) dan Trionum (Flower of an Hour). Tanaman ini tumbuh di iklim tropis dan sub tropis seper ti di Hawaii, Kolumbia, Kepulauan Karibia, Jamaika, Kuba, Cina Selatan, Thailand, Afrika, India, Malaysia dan Indonesia.

Bungfa eksois ini memiliki berbagai warna, yakni merah cerah, ungu, biru, putih, orange, dan violet. Di Indon esia bunga ini tumbuh di ketinggian 1-1000 meter diatas permukaan laut. ciri fisik bunga Syiacus ini adalah batang berwarna merah keunguan, memiliki dua macam benuk daun berlidah tiga dan satu berwarna merah keunguan, tinggi tanaman usia 6bulan adalah 2-3m. tanaman ini cenderung tumbuhnya pertikal, cabang pohon tumbuh dari cabang induk, relativ tidak teratur. bunga dan kelopaknya berwarna merah-violet, ukuran garis tengah 4-5 cm, kelopak bunga rasanya asam segar, kandungan airnya sedikit dan tidak mengkilap. sedang kan ciri fisik Hibiscus Trionum, batangnya gemuk, warna hijau bercampur merah, bagian batangnya terasa segar, daun berlidah tiga dan satu, dengan pinggiran yang halus berwarna hijau dan keunguan. tumbuh verti kal , garis tengah tajuk 1,5-2m, tinggi usia 6 bulan mencapai 2m.  batang kayu kecil, bunga berwarna putih bagian tengah berwarna violet, garis tengah 4-5 cm. kelopak bunga berjumlah 5 keping.

Bunga ini juga banyak mengandung kalori sehingga baik sekali bagi mereka yang sedang melakukan program diet akibat diabetes, program body sliming (pelangsingan), body firming (menghilangkan lemak pada perut, paha dan lengan) dan sekaligus mengencangkan kulit. Juga akibat kandungan vitamin C yang tinggi maka dapat membantu penyerapan semua vitamin dan mineral, kandungan vitamin dan mineralnya dapat memper baiki metabolisme tubuh.  sehingga bagi mereka yang terbiasa mengkonsumsi (minum) bunga ini daya tahan tubuhnya lebih meningkat /kebal terhadap serangan berbagai penyakit. Berbagai olahan yang berasal dari bunga hibiscus adalah Teh hibiscus, sirup hibiscus dan selai hibiscus. dengan informasi ini semoga bermanfaat dan bisa dijadkan referensi untuk mereka yang mengalami penyakit Anemia, atau bagi kita yang mengingin kan kesehatan dan daya tahan tubuh yang prima sehingga terhindar dari serbuan berbagai penyakit terutama saat ini yang cuacanya tidak bersahabat bagi kesehatan dan kehidupan kita sehari-hari. untuk sehat itu tidak harus dengan biaya yang tinggi dan mahal. (A.Hary) bgi sbr.       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar