Halaman

Selasa, 01 Januari 2013

Menjaga Hipertensi

Tekanan darah tinggi sering kali tidak di sadari oleh si penderita, hal ini terjadi sebab memang tidak ada tanda-tanda khusus, adapun seringnya orang marah-marah dan kepala terasa pusing, itu bukanlah  pertanda bahwa orang tersebut terkena tekanan darah tinggi. satu-satunya jalan untuk memastikan bahwa dia terkena hipertensi atau takanan darah tinggi adalah dengan cara pemeriksaan. dokter.jadi untuk memastikan bahwa anda terkena hipertensi atau tidak hendaknya anda mengeceknya. karena tidak adanya tanda-tanda khusus, maka sering kali orang tidak menyadarinya dan kecolongan, sehingga sering kali terlambat untuk mencegah nya ketika seseorang sudah terkena serangan jantung atau stroke barulah ia menyadarinya..

Tekaan darah tinggi bisa dianalogikan seperti udara di dalam ban atau air dalam selang, darah mengisi pembu luh  arteri dalam kapasitas tertentu. ketika terjadi tekanan air terlalu besar, selang bisa rusak. demikian juga dengan pembuluh (selang ) darah, tekanan terlalu besar akan merusaknya ini tentunya menghambat aliran dar ah  menuju organ-organ vital, sehingga organ-organ vital tersebut tidak dapat mendapat pasokan darah. dan bila itu terjadi pada jantung, maka terjadilah apa yang disebut serangan jantung. dan apa bila terjadi pada otak maka terjadilah serangan stroke.mengerikan sekali kan? kesimpulannya tekanan darah tinggiadalah daya tekan darah melawan dinding pembuluh arteri ketika mengalir keseluruh tubuh.

Disamping menyerang jantung dan stroke, hipertensi juga menyerang mata dalam hal ini terjadinya gangguan penglihatan dan bisa juga menyebabkan terjadinya gagal ginjal. tekanan darah tinggi ini pada orang-orang tertentu dengan hipertensi diatas 200/130 mmHg. dan dengan tekanan seperti  ini bisa merusak dinding pem buluh darah yang berakibat pula merusak organ-organ vital tadi. karena itu dibutuhkan penanganan  medis yang secepatnya. Lalu apa upaya kita untuk mencegah terjadinya hipertensi? apakah bisa di cegah? ini pertanyaan menarik. tentu saja segala hal dapat dicegah paling tidak di eliminir sedini mungkin untuk mence gah terjadinya hipertensi.tersebut.

Langkah tersebut adalah pertama pemeriksaan tekanan darah anda,  tentunya ini dibutuhkan waktu luang un tuk mengeceknya, merubah gaya hidup dengan pola makan yang sehat, yakni dengan mengkonsumsi serat, sayur, buah, kacang-kacangan  dan menghindari makanan yang terlalu asin/ mengurangi takaran garam dalam makanan anda, serta olah raga teratur dan menjaga serta menurunkan berat badan, pada posisi yang ideal dan proporsional juga hentikan/jangan merokok. agar terhindar dari penyakit hipertensi yang mengakibatkan terjadinya serangan jantung dan stroke, ada target yang harus di capai, target tersebut adalah tekanan darah harus dibawah 140/90mmHg dan untuk pasien diabetes tekanan darah harus dibawah 130/80mmHg.itulah langkah mencegah hipertensi.(AHary) dri brp sbr.     



.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar