Halaman

Kamis, 10 Januari 2013

Air Kelapa dan Manfaatnya

Ada sepenggal cerita, ketika itu di awal tahun 2000an. Seorang supir bus sebuah perusahaan otobis P.O dalam kota yang terkenal dan eksis sampai hari ini, pool bis ini di daerah Cijantung Jakarta Timur. supir terse but dengan tertatih-tatih mendatangi meja operasional rute 06, yaitu Grogol-Kampung Rambutan. kedatang annya saat itu bukan untuk mengoperasikan bus tersebut sebagai batangannya, akan tetapi sang supir mau minta bantuan pada sang operator dalam hal ini sang operator tersebut katakanlah atasannya. permintaan ban tuan  tersebut adalah agar atasannya ini mengajukan pinjaman pada manajemen perusahaan, dimana pinjam an yang di ajukan cukup besar untuk ukuran waktu itu, disamping itu ukuran besarnya adalah karena dia ha nya  seorang supir, besar pinjaman sekitar 6 jutaan. Pinjaman ini rencananya untuk operasi kencing batu,kare na sudah sekian lama sang supir ini tidak dapat membuang air kecil (kencing) sehingga ketika di periksa oleh dokter, disarankan untuk di operasi.  Akan tetapi sang operator tadi (atasannya) red menyarankan agar me ngurungkan niatnya untuk meminjam uang, dengan pertimbangan nantinya akan memberatkan sang supir itu sendiri.

Sebagai solusinya sang operator tadi menyarankan agar bawahannya  meminum air kelapa muda yang masih ingus kemudian dicampur kuning telur dan diaduk di dalam batok kelapa itu sendiri, hingga berwarna putih seperti susu, lalu diminum."lakukan setiap hari selama seminggu" kata sang operator. Akhirnya sang supir itu tadi pulang dengan sedikit raut kecewa di wajahnya, akan tetapi ia bertekad untuk melakukan saran yang dianjurkan oleh atasannya (sang operator). Benarlah setelah sampai dirumah sang sopir tadi menyuruh anak nya untuk membeli kelapa muda yang masih ingus. kemudian kelapa itu di sopak /di beri lobang untuk mema sukkan kunig telur kedalamnya kemudian diaduk, setelah air kelapa dan telur merata hingga berwarna putih seperti susu kemudian diminum. rutin dia lakukan setiap hari sampai seminggu, dan apa yang terjadi subhan ALLAH, sedikit demi sedikit namun pasti batu kencingnya tadi keluar bersamaan dengan air seni, keti ka buang air kecil. Sampai sang supir tersebut akhirnya sembuh total dari derita kencing batu yang di deritanya.

Selang beberapa waktu, tersiar berita sang supir tadi keluar dari pekerjaannya sebagai pengemudi untuk kemudian dia beralih profesi menjadi juru sembuh alias tukang obatin orang, dan ketenarannya konon sampai ke pelosok nusantara, untuk menyembuhkan orang dengan metode tadi. Dari kisah nyata tadi banyak pelajaran yang dapat di petik, perta ma rasa optimis yang tumbuh dari sang supir, dimana ketika ia tidak mendapatkan pinjaman namun ia percaya sepenuh hati dengan optimis yang tinggi bahwa apa yang disaran kan oleh atasannya (operator) itu benar- benar dilakukan dengan sungguh-sungguh. Kedua dengan penyakit yang ia derita merupakan anugerah dari ALLAH karena dengan pengalaman yang di deritanya membuatnya dia hidup lebih baik, sebagai juru sembuh (obatin orang) daripada sebagai seorang supir. Ketiga lagi-lagi dari alam yang kita anggap sepele yakni buah kelapa dicipta kan  (ALLAH. SWT) Tuhan semesta alam untuk ma nusia, dengan segala kandungan khasiatnya yang begitu tinggi. Dari pengalaman ini juga bahwa setiap penya kit itu pasti sudah ALLAH siapkan penawarnya yang tidak perlu ragu dan takut, tinggal kita menyikapinya seperti apa.

Terlepas dari peristiwa tadi kelapa secara keseluruhan memberi manfaat yang luar biasa untuk manusia, tidak ada yang tidak bermanfaat untuk digunakan mulai dari akar muda yang dapat digunakan sebagai  tetes mata, untuk menjernihkan kornea, batang kelapa bisa digunakan untuk bangunan rumah, jembatan dan lain-lain,da unnya  untuk membuat janur dan ketupat memberi nilai ekonomi yang tinggi, lidinya digunakan untuk sapu, sabut kelapa digunakan untuk berbagai alat rumah tangga mulai dari tambang(dadung) keset, sekat, sikat dan lain-lain. batok kelapa dapat digunakan untuk bahan obat nyamuk, bahan arang batok, dan merupakan bah an dasar untuk membuat obat anti diare(norit), air kelapa mengandung mineral yang cukup tinggi, disamping itu, air kelapa mengandung anti oksidan yang cukup tinggi juga sehingga mampu untuk menangkal reacun yang berbisa sekalipun, seperti sengatan kalajengking, patukan ular berbisa, sengatan tarantula, pengganti ion cairan tubuh yang hilang dan menangkal radikal bebas, bahkan untuk mendapatkan kulit badan yang putih, mulus dianjurkan pada ibu-ibu hamil untuk meminum air kelapa, sesering mungkin karena pengaruhnya sang at signifikan terhadap pembentukan pigmen. dan yang tak kalah pentingnya adalah air kelapa merupakan sa lah satu obat untuk menghancurkan batu ginjal. Dan saat ini sudah diproduksi obat penyakit ginjal dan seje nisnya yang alami, ramah tanpa efek samping untuk mengatasi penyakit tersebut. Itulah karunia ALLAH SWT yang begitu Rahman dan Rahimnya untuk manusia.(A.Hary).    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar