Halaman

Rabu, 02 Januari 2013

Buah Abiu Sawonya Australia

Fungsi buah untuk kesehatan manusia sangat vital, karena sebagian besar vitamin dan mineral yang di butuh kan oleh tubuh terdaapat pada buah-buahan. ada beberapa buah yang telah direverensikan untuk di konsum si sebagai asupan zat gizi dan vitamin, buah buahan tersebut saat ini tidaklah sulit untuk mendapatkannya,kare na sebagian besar buah-buahan tersebut bisa ditemukan di supermarket dan toko buah. disamping itu  dapat tumbuh di iklim tropis seperti negara kit atercinta ini.juga iklim sub tropis. Berikut ini kita mengupas tentang buah Abiu. apa itu buah Abiu, seperti apa bentuk dan warna kulitnya serta dari mana asalnya buah ini ?Buah Abiu adalah buah asli dari Amazon,tepatnya dataran rendah Peru, Brazil, Amerika tengah , Meksiko selatan. namun orang lebih mengenal dengan nama sawo Australia. buah ini sejenis buah sawo dan memang tergolong sawo-sawoan walaupun bentuknya tidak seperti sawo buah ini namanya masih terasa asing di telinga kita.

Tanaman Abiu memiliki banyak kesamaan dengan sawo durian (Chrysophyllum cainito), seperti halnya kerabat sawo yang tumbuh besar, maka Abiu inipun bisa tumbuh dengan ketinggian sampai 15 meter dengan tekstur kayu yang padat keras dan berbobot. bentuk buah Abiu oval hingga bulat dengan panjang 6-12 cm serta berat 300-700 g kurang lebih seukuran mangga harum manis dengan ujung buah bulat licin hingga bercuping.Tumbuhan ini termasuk spesies poutoria caimito dan keluarga sapotaceae atau sawo Australia. Tanaman ini mulai berbuah di usia dua tahun sejak mula pertama ditanam dari biji, baik di tanah lapang maupun di pot. buah Albiu dapat tumbuh subur di dataran rendah hingga dataran tinggi, dengan iklim tpropis dan sub tropis. keistimewaan  buah ini dengan sejenisnya adalah yakni cepat berbuah dari usia dua tahun dari tanaman asal biji mulai berkembang hingga dua bulan kemudian bunga itu menjadi buah dan di bulan ketiga bisa dipanen. kulit buah yang masih muda berwarna hijau dan berangsur-angsur berubah jadi kunig cerah ketika sudah nasak.

Warna daging buah ini putih bening, lembek dan berair. rasanya manis, legit dan segar. dengan kadar kemanis an 17 derajat- 24 derajat Brix. Jika anda makan kelapa muda, maka buah ini rasanya mirip-mirip seperti kelapa muda, tapi ada sebagian orang juga menggambarkan  rasanya seperti perpaduan antara susu dan karamel, karena rasanya yang unik dan istimewa itu, maka tanman buah ini di budidayakan besar-besaran di Austrelia tepatnya di North Queensland. Cara makan buah Abiu bisa lansung dimakan dengan cara  di belah melintang atau membujur seperti bembelah buah alpukat. Buah itu biasa juga disendok.Dalan sebuah Abiu terdiri dari 1-5 buah biji. Buah ini juga bisa diolah untuk masakan istimewa  seperti Abiu Carambola Breas tes ( ayam digoreng dan dimasak dengan jus Abiu plus belimbing ), Abiu tart, Sweet & Sour Abiu & Beefburger, dan sebagainya. selain itu di Brazil buah ini sebagai obat batuk, bronchitis, serta keluhan pernapa san dan paru-paru, sementara getahnya dapat digunakan sebagai obat cacing, obat pencahar, dan menyem buhkan luka bakar. kandungan lainnya adalah banyak mengandung vitamin A, B3, dan C disamping juga sebagai sumber kalori dan serat. itulah keistimewaan buah Abiu (A.Hary) dri bpa sbr.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar