Halaman

Selasa, 08 Januari 2013

Oh Bunga Mawar Kamu Cantik, Mempesona dan ...

Setiap manusia yang normal terutama kaum hawa pasti menyenangi bunga. bunga memberi suatu keindahan ketika di pandang mata. entah itu dari warnanya, keharumannya sampai bentuk dan ukurannya ksemuanya itu memberikan kesan yang indah. disamping itu bungapun bukan sekedar menampakkan keindahan tapi dibalik keindahannya itupun masih memberi manfaat lain untuk kesehatan manusia. sudah tak terbilang aneka jenis bunga yang telah terbukti mampu meredam dan menyembuhkan berbagai penyakit. baik sakit akibat dari terjangkitnya oleh suatu penyakit, maupun yang diakibatkan oleh seseorang yang bermaksud jahat. kem bang pasti menjadi media yang sering di gunakan entah mengapa demikian dan itu turun temurun dari genera si kegenerasi.Oh ya bicara bunga berikut ini kami angkat salah satu bunga yang paling disukai wanita yaitu bunga roos atau bunga mawar. ya bunga mawar bahkan oleh sebagian berar wanita dianggap sebagai simbul dari cinta, bahkan ada suatu selogan. " Katakan Cinta Dengan Setangkai Mawar"

Jadi bagi mereka yang mengerti arti dari bunga yang satu ini tentunya akan mendambakannya sebagai tanda bahwa dia mendapat cinta dari seseorang yang di cintainya. Bunga mawar terdiri dari berbagai warna dan ukuran ada yang berwarna merah,ada yang berwarna putih dan kuning dan warna lainnya. namun umumnya bunga yang berwarna merah serta ukurannya yang besar, yang paling disukai wanita. Bunga mawar ternyata juga memberi manfaat lain sebagai obat untuk mengobati berbagai penyakit, seperti yang berikut ini.  Bunga mawar termasuk tanaman perdu yang memiliki batang bulat dan berduri. didalamnya mengandung 300 konstituen, namun baru 100 konstituen yang terdeteksi manfaatnya. konstituen tersebut antara lain vitamin C, vitamin B,E, K, tannin, geraniol, nerol,asam geranik,terpene, flavonoid, pectin, polifenol, vanillin, stearopten, farnesol, phenyletanol, eugenol, nonilaldehida, dan feniletilalkohol. Mawar merah memiliki sifat kimia hangat dan berasa manis.Berkhasiat anti radang, anti kejang, aprodisiak, penyegar, penambah sekresi empedu, toni kum, pengatur haid,ekspektoran, penghilang bengkak, dan pembersih racun dari dalam tubuh.

Selain itu bunga mawar juga dapat dijadikan alat untuk kecantikan. Terutama untuk pembersih dan penyegar kulit, pembersih bercak bekas jerawat pada wajah, bisul, pencegah keriput, ataupun abses. Dalam pengguna an untuk pengobatan dan kecantikan, mawar bisa di rebus atau di seduh (kuntum bunga).Pada dasarnya sem ua bagian daeri bunga mawar (bunga, akar, dan daun) bisa digunakan. biasanya daun bisa digunakan selagi masih segar, sedangkan bunga dan akar bisa digunakas setelah di keringkan terlebih dahulu. Jenis bunga ma war yang di gunakan adalah jenis mawar Bulgaria (Rosa damascene), Maroccan atau jenis French (Rosa cen tifolia). namun mawar tipe lokalpun bisa digunakan /dimanfaatkan jenis (Rosa Chinensis jacq, Rosa sinica L, dan Rosa Indica auctt, Non L). itulah jenis-jenis bunga mawar yang dapat digunakan baik sebagai obat untuk tubuh yang sifatnya dikonsumsi maupun obat yang dipakai dari luar sebagai alat kecantikan. (A.Hary )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar